Tarihoran, Toiba (2020) Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Swsta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA swasta Islam terpadu darul hasan padangsidimpuan. Yang menjadi latar belakang masalah dari penelitian ini, profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam implementasi kurikulum 2013, apapun kurikulumnya harus didukung oleh guru professional, karena mereka merupakan garda terdepan dan ujung tombak implementasi kurikulum dan pembelajaran yang berhadapan langsung dengan peserta didik. sebagus apapun lembaga pendidikannya dan setinggi apapun bangunannya harus di dukung oleh guru professional. Dengan kata lain, tanpa guru professional perubahan kurikulum tidak akan memberikan sumbangan yang berarti terhadap kualitas pembelajaran dan mutu lulusan umumnya. Oleh karena itu, untuk menyukseskan SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan perlu disiapkan guru profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi dan menerapkan metode yang bervariasi dan materi pembelajarannya dikembangkan . Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Bagaimana implementasi kurikulum 2013 di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi kurikulum 2013 Di SMA Swasta Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, dengan pelengkap kepala sekolah, WK bidang kurikulum. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan merangkum uraian dalam kalimat yang singkat dan padat. Profesionalisme guru pendidikan agama islam di SMA swasta islam terpadu darul hasan padangsidimpuan sudah dapat dikatakan professional mencakup dari hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan. Dan guru yang memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidangnya yaitu sarjana pendidikan agama islam, dan memiliki empat kompetensi (1. Kompetensi pedagogik, dapat mengolah pembelajaran, 2. kompetensi kpribadian, yaitu berakhalak mulia, bijaksana, arif dan tauladan bagi peserta didik, 3. kompetensi professional, penguasaan materi pelajaran secara luas, dan mendalami melalui media IPTEK, dan menerapkan kurikulum 2013, 4. kompetensi sosial, hubungan antara siswa dan guru harus sejalan. Serta harus memiliki sertifikat pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Drs. Misran Simanungkalit, M.Pd. |
Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Profesionalisme Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 07:20 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 07:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6508 |
Actions (login required)
View Item |