Rambe, Akhir Pauji (2020) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis. Penyebabnya yaitu siswa kurang merespon guru yang sedang mengajar di depan kelas dan menganggap bahwa pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang sedikit rumit dipahami jika diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan cara ceramah ataupun menghafal. Kemudian di dalam proses belajar mengajar, guru jarang menyuruh siswa untuk belajar kelompok atau diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran discovery learning di kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis, bagaimana respon siswa terhadap penerapan model discovery learning pada pembelajaran tematik subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran discovery learning di kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis, untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model discovey learning pada pembelajaran tematik subtema jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencaanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 64,5 (30%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 67, 5 (35%) menjadi 72 (45%), pada siklus II dari 75 (50%) menjadi 86 (85%). Adapun respon siswa terhadap penerapan model discovery learning dalam proses pembelajaran yaitu siswa sangat suka karena dapat menumbuhkan minat dalam belajar sekaligus dapat menuntut siswa untuk menemukan konsep sendiri. Kesimpulannya yaitu hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model discovery learning pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 100101 Simatorkis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Model Discovery Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 02:32 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 02:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6447 |
Actions (login required)
View Item |