Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi pemasaran dan pengetahuan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah

Saputra, Riski (2020) Pengaruh strategi pemasaran dan pengetahuan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi adalah masyarakat Kelurahan Aek Tampang Kec. Padangsidimpuan Selatan mengetahui tentang adanya bank syariah. Tetapi sebagian masyarakat kurang mengetahui tentang produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah dan sebagian pemahaman masyarakat terhadap operasional perbankan syariah masih menganggap bahwa bank syariah masih sama dengan bank konvensional, sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan bank konvensional sebagai simpan pinjam dan berbagai keperluan keuangan lainnya. Penelitian ini menggunakan strategi pemasaran dan pengetahuan sebagai variabel independen dan keputusan menjadi nasabah sebagai variabel dependen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kedua variabel tersebut terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Pada masyarakat Kelurahan Aek Tampang Kec. Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini didukung oleh teori para ahli yang mengatakan strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran. Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Sedangkan keputusan adalah suatu hasil atau keluaran dari prosese mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur diantara beberapa alternatif-alternatif yang ada. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu kuantitatif sumber data yang digunakan adalah data primer. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 99 responden dengan teknik pengukuran sampelnya adalah rumus slovin. Analisis yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji multikolonieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), Analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F), menggunakan SPSS versi 23 sebagai alat hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran, tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Dan pengetahuan, terdapat pengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Sedangkan secara simultan strategi pemasaran dan pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Sedangkan uji determinasi R2 square variabel sebesar 0,085 atau sama dengan 85%, artinya bahwa strategi pemasaran dan pengetahuan mampu menjelaskan variabel keputusan menjadi nasabah bank syariah sebesar 85%, sedangkan sisanya 15% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Strategi Pemasaran; Pengetahuan; Keputusan menjadi Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan H. Ali Hardana, M.Si
Keywords: Strategi Pemasaran; Pengetahuan; Keputusan menjadi Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:34
Last Modified: 12 Mar 2021 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6440

Actions (login required)

View Item View Item