Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran terhadap produk pembiayaan back to back dalam upaya menarik minat nasabah pada Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan.

Afifah, Nurul (2020) Analisis strategi pemasaran terhadap produk pembiayaan back to back dalam upaya menarik minat nasabah pada Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pembiayaan back to back di Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan merupakan produk pembiayaan dengan jaminan deposito atau tabungan nasabah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam hal dana untuk waktu yang singkat dengan proses yang cepat, dan penggunaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Namun produk pembiayaan back to back ini masih kurang diminati masyarakat karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk sehingga jumlah nasabah pada pembiayaan ini masih sedikit. Maka penulis mengangkat suatu permasalahan yaitu bagaimana strategi Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan terhadap produk pembiayaan back to back dalam upaya menarik minat nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran produk pembiayaan Back to Back dapat menarik minat nasabah di Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan dan untuk mengetahui mekanisme produk pembiayaan Back to Back di Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan apakah sudah sesuai dengan strategi pemasaran yang digunakan yaitu Produk, Price, Place, Promotion, People, Prosess, dan Phisycal Evidence yang dapat menarik minat nasabah serta meningkatkan jumlah nasabah. Metode analisis dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif. Adapun metode penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Research) dimana data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan data sekunder diperoleh dari data dokumentasi. Penelitian ini mengambil 9 responden yang terdiri dari seluruh marketing pemasaran berjumlah 4 orang dan 5 orang nasabah produk pembiayaan back to back. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dalam proses pemeriksaan keabsahan data. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan merupakan strategi pemasaran dari Bank Muamalat kantor pusat kemudian di turunkan keseluruh kantor cabang Bank Muamalat dengan strategi Produk, Harga, Lokasi dan Promosi menggunakan cara sosialisasi, sebar brosur dan mendatangi nasabah kemudian People, Prosess, dan Phisycal Evidence menerapkan system yang transparan, jujur dan amanah. Strategi yang paling bisa menarik minat nasabah yaitu promosi karena dapat meneambah pengetahuan masyarakat tentang produk tersebut. Sedangkan mekanisme pembiayaan produk back to back dari segi bauran pemasaran tidak bertentangan dengan hukum ekonomi Islam dan etika bisnis Islam dalam menjalankan dan memasarkan produk atau jasanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Minat; Nasabah; Pembiayaan dan Startegi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:52
Last Modified: 15 Mar 2021 01:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6437

Actions (login required)

View Item View Item