Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk kantor cabang pembantu panyabungan

Ariska, Nasnusi (2020) Pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk kantor cabang pembantu panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah turunnya jumlah nasabah Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Hal ini disebabkan karena persaingan antara bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan relationship quality (kualitas hubungan) dengan nasabah agar terwujudnya loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah relationship quality (kualitas hubungan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang loyalitas nasabah, relationship quality (kualitas hubungan), kepercayaan, kepuasan dan komitmen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dengan sampel 91 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling insidental. Pengolahan data menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93, 2% kepercayaan, kepuasan dan komitmen mempengaruhi loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan dan sisanya 6,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan, variabel kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan dan variabel komitmen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan, serta secara simultan variabel kepercayaan, kepuasan dan komitmen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Sry Lestari M.E.I
Keywords: Relationship Quality; Loyalitas Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:54
Last Modified: 15 Mar 2021 01:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6436

Actions (login required)

View Item View Item