Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk tabungan ib rencana pada PT Bank Sumut cabang syariah Padangsidimpuan

Nasution, Rima (2020) Strategi pemasaran produk tabungan ib rencana pada PT Bank Sumut cabang syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penurunan jumlah nasabah produk tabungan iB Rencana pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan tahun 2019 disebabkan karena pengaplikasian strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix 7P yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik terhadap produk tabungan iB Rencana belum diterapkan secara optimal sehingga menyebabkan banyak nasabah dan masyarakat khususnya di kota Padangsidimpuan yang belum mengetahui produk tabungan iB Rencana ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk tabungan iB Rencana pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan menggunakan marketing mix 7P. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk tabungan iB Rencana pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan dengan menggunakan marketing mix 7P. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan wawancara dengan Funding, Customer Service dan karyawan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix 7P belum optimal dilakukan. Dimana strategi promotion yang dilakukan dengan membagikan brosur belum secara merata serta belum menggunakan media massa seperti whatsaap, facebook, televisi dan radio. Strategi physical evidence yaitu minimnya mesin ATM yang tersedia. Strategi product yaitu nasabah lebih tertarik dengan produk tabungan yang dapat ditarik kapan saja dan difasilitasi kartu ATM. Adapun strategi price yaitu harga produk sudah sesuai dengan yang ditetapkan di kantor pusat kemudian diterapkan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Strategi people yaitu dalam melayani nasabah, karyawan Bank bersikap ramah, sopan dan memberikan smile service. Strategi proses yaitu dalam setiap transaksi yang dilakukan sudah memberikan kenyamanan, kemudahan dengan proses yang cepat dalam melayani nasabah. Strategi place sangat strategis karena letaknya yang berada di pusat kota dan dekat dengan pasar dan pertokoan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Rini Hayati Lubis, S.P.,M.P
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk Tabungan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:41
Last Modified: 16 Mar 2021 01:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6430

Actions (login required)

View Item View Item