Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis komparatif kualitas pelayanan pada nasabah pengguna aplikasi pegadaian syariah digital dan manual

Siregar, Novy Andriyyani (2020) Analisis komparatif kualitas pelayanan pada nasabah pengguna aplikasi pegadaian syariah digital dan manual. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah perbandingan kualitas pelayanan yang diterima oleh nasabah dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital dan secara manual di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan. Nasabah lebih dominan menggunakan sistem manual daripada menggunakan aplikasi Pegadaian Syariah Digital, dikarenakan sistemnya sering error dan terjadi kegagalan transaksi. Aplikasi Pegadaian Syariah Digital diharapkan dapat membantu para nasabah melakukan transaksi smartphone tanpa harus melakukan transaksi secara manual. Dengan adanya aplikasi Pegadaian Syariah Digital ini dapat memenuhi kebutuhan nasabah saat bertransaksi tanpa menghadiri langsung Pegadaian Syariah dan pada aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang akan dipilih pada saat bertransaksi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada nasabah pengguna aplikasi pegadaian syarah digital dan manual? Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kualitas pelayanan pada nasabah pengguna aplikasi pegadaian syariah digital dan manual di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan. Penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen perbankan yang membahas tentang Kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan itu sendiri dianggap sebagai ukuran relatif kebaikan pada suatu produk atau jasa dan kualitas keseuaian dan kecocokan yang ditujukan kepada orang lain agar nasabah dapat menikmati suatu kualitas pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan memiliki 5 kriteria yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini juga merupakan penelitian analisis komparatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner) dengan jumlah sampel keseluruhan 100 sampel yang di bagi menjadi 50 sampel untuk pegadaian syariah digital dan 50 sampel untuk yang manual. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji mann whitney, dan uji homogenitas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada nasabah pengguna aplikasi pegadaian syariah digital dan manual dengan nilai signifikansi 0,000 yaitu (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan menggunakan program SPSS Versi 23.0. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji mann whitney terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada nasabah pengguna aplikasi pegadaian syariah digital dan manual di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Kamaluddin, M.Ag dan Zulaika Matondang, S.Pd, M.Si
Keywords: Analisis Komparatif; Kualitas Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:41
Last Modified: 16 Mar 2021 01:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item