Hasibuan, Nila Sary (2020) Analisis keputusan nasabah memilih produk tabungan emas di PT. Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1440100022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Semakin meningkatnya minat para masyarakat untuk menabung emas terlihat dari semakin banyaknya jumlah nasabah tabungan emas Pegadaian terkhususnya Padangsidimpuan. Tetapi, diketahui bahwa perkembangan jumlah nasabah tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan masih belum mancapai harapan, dari target PT. Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan sebanyak 300 nasabah per tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi, budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan emas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah promosi, budaya, sosial dan pribadi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan emas. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu lembaga keuangan syariah non bank dan keputusan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan nasabah, promosi, budaya, sosial dan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakandalam penelitian ini sebanyak 51 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik. Analisis pengelola data dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) sebesar 0,868, artinya korelasi antara variabel promosi, budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan nasabah sebesar 0,868. Hubungan antara promosi, budaya, sosial dan pribadi terhadap keputusan nasabah berada pada interpretasi hubungan yang kuat, Nilai R2 (Adjusted R Square) sebesar 0,731. Menunjukkan bahwa 73,1 persen variabel X1,X2,X3,X4 mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk tabungan emas sedangkan sisanya 26,9 persen sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak ada pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah dengan nilai thitung < ttabel (-0,186 < 1,67866). Variabel budaya tidak ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (-0,019 < 1,67866 ). Variabel sosial tidak ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (-0.611< 1,67866 ). Variabel pribadi ada pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai (1,786> 1,69092). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa promosi, budaya, sosial dan pribadi mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan nilai Fhitung > Ftabel (34,357 > 2,82).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, MA dan Windari, SE.,M.A |
Keywords: | Promosi; budaya; sosial; pribadi; keputusan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 02:47 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6376 |
Actions (login required)
View Item |