Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi mempertahankan loyalitas pegawai dalam meningkatkan produktivitas pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Padangsidimpuan

Salmaini, Salmaini (2020) Strategi mempertahankan loyalitas pegawai dalam meningkatkan produktivitas pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berdasarkan laporan tahunan, Dewan Komisaris melihat bahwa manajemen masih berupaya untuk mengoptimalisasi biaya melalui penurunan beban operasional. Hingga akhir tahun 2018, manajemen berhasil menurunkan beban operasional hingga mencapai Rp3,86 triliun atau lebih rendah dari yang ditargetkan yaitu sebesar Rp4,89 triliun. Namun demikian, untuk pendapatan operasional tercatat sebesar Rp3,57 triliun atau masih lebih rendah dibandingkan target yaitu sebesar Rp5,06 triliun. Sehingga pencapaian rasio efisiensi sebagaimana ditunjukkan oleh rasio BOPO tercatat pada level 95,36% atau lebih rendah dari yang ditargetkan yaitu sebesar 96,58%. Salah satu penyebab penurunan laba adalah produktivitas pegawai yang rendah, sering terjadinya keluar masuk pegawai juga turut menurunkan produktivitas kerja pegawai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi mempertahankan loyalitas pegawai dalam meningkatkan produktivitas pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.KCU Padangsidimpuan, Apa saja kendala pegawai dalam meningkatkan produktivitas pada PT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sumber daya manusia, produktivitas, dan loyalitas. Penelitian ini termasuk penelitian analisis deskriptif, metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif. Serta dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.. Hasil penelitian di PT. Bank MuamalatIndonesia Tbk. KCU Padangsidimpuan diketahui bahwa strategi mempertahankan loyalitas pegawai ditempat melalui: memberikan motivasi diri, kompensasi, penguatan mental untuk bersyariah, keimanan, jaminan kesehatan dan sosial, memberi tunjangan. Sedangkan kendala dalam meningkatkan produktivitas adalah perekonomian nasabah yang makin menurun, banyaknya persaingan, terbatasnya informasi bank, jaringan dan kantor cabang yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa dan Damri Batubara
Keywords: Strategi; sumber daya manusia; loyalitas; produktivitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:12
Last Modified: 23 Dec 2020 04:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item