Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak

Tanjung, Muhammad Rawi (2019) Strategi pemasaran produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 401 00268.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak adalah salah satu lembaga keuangan yang memiliki berbagai produk baik dalam penghimpunan dana maupun pembiayaan secara syariah. Salah satu bentuk produk yang di berikan adalah Produk Cicil Emas dengan menggunakan akad murabahah dengan jaminan diikat dengan akad rhan (gadai). Strategi promosi yang dilakukan adalah dengan cara membagikan brosur, menghubungi nasabah, dan memberikan hadiah serta memberikan sosialisasi produk cicil emas kepada masyarakat. Dalam memasarkan produk PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak, pihak bank harus terlebih dahulu memahami apa yang dibutuhkan oleh nasabah. Karena nasabah tentunya mengiginkan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian pemasaran bank, pengertian segmentasi pasar, menetapkan pasar pasaran, menentukan posisi pasar (market positioning), bauran pemasaran jasa (marketing mix), konsep pemasaran, lingkungan pemasaran, tujuan pemasaran, pengertian produk, jenis-jenis produk bank, strategi produk, strategi pemasaran produk, cicil emas, analisis lingkungan usaha (SWOT). Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif, yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yaitu bagaimana setrategi pemasaran produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi penelitian ini adalah karyawan dan nasabah cicil emas PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak. Hasi penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak melakukan strategi-strategi berikut ini: Memenuhi permintaan pasar, menetapkan harga bersaing dengan kualitas produk yang baik, mempromosikan cicil emas, memperbanyak kerja sama dengan pihak pengembang depe lover, memperkecil besarnya uang muka, mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan pengembang produk untuk menghadapi persaingan pasar, bekerja sama dengan seluruh pemerintah kota/kabupaten untuk sosialisasi cicil emas, selalu dilakukan riset pasar secara berkala untuk mengukur langkah bank pesaing dan keinginan calon nasabah, melakukan pendekatan dengan perusahaan depet lover nasabah bank konvensional untuk beralih ke PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak dengan memberikan kemudahan-kemudahan dan fasilitas khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Nurul Izzah, M.Si
Keywords: Strategi; Pemasaran; Produk cicil emas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Apr 2020 05:30
Last Modified: 26 Oct 2021 02:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item