Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kendala-kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTsN Sipirok

Susanti, Susanti (2010) Kendala-kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MTsN Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (517kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran SKI di MTsN Sipirok? Dan bagaimanakah usaha-usaha yang dilakukan Kepala Sekolah dan Guru SKI dalam memecahkan masalah yang dihadapi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Sipirok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan metode deskriftif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Sipirok yang berada di Desa Sialagundi selama kurang lebih 5 bulan. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru SKI, dan siswa/siswi MTsN Sipirok. Sedangkan Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran SKI di MTsN Sipirok adalah masalah penguasaan bahan yang meliputi: sedikitnya wawasan guru tentang sejarah Islam, banyaknya kesibukan yang menyita waktu diluar tugas sekolah, terbatasnya bukubuku tentang sejarah Islam di Perpustakaan, kurangnya kompetensi pedagogik guru dalam bidang SKI. Masalah yang dihadapi guru dalam pengelolaan interaksi belajar mengajar pada pelaksanaan pembelajaran SKI di MTsN Sipirok meliputi: kurangnya pemahaman tentang peserta didik, kurangnya pendekatan kepada siswa, kurangnnya kemampuan untuk menjelaskan. Masalah pengelolaan kelas dalam pelaksanaan pembelajaran SKI di MTsN Sipirok meliputi: format belajar mengajar yang monoton, tipe kepemimpinan guru yang otoriter, tantangan bagi guru untuk menjadi teladan, prilaku siswa yang mengganggu. Sedangkan masalah penggunaan media yang sering dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: guru kurang efektif dan inovasi, guru kurang terampil dalam menggunakan media, dan penggunaan media yang menyita waktu yang cukup lama. Hasil penelitian ini juga menginformasikan bahwa usaha-usaha yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi oleh guru antara lain adalah:melakukan pertemuan dengan para guru sekali dua minggu untuk membicarakan hal-hal yang dianggap penting, menyampaikan pemikiran atau gagasan kepada guru untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran SKI, mengevaluasi jalannya pelaksanaan pembelajaran SKI, menyediakan sarana dan prasarana untuk efektivitas pembelajaran, memberikan motivasi kepada guru agar melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik. Sedangkan usaha-usaha dari guru SKI sendiri antara lain adalah: memahami dan menghormati siswa, menyukai bahan pelajaran yang diberikan, menyesuaikan metode mengajar dengan bahan pelajaran, belajar untuk dapat menggunakan berbagai media yang efektif, mengidentifikasi gangguan suasana pembelajaran baik secara kelompok maupun individu. Bertindak sesuai dengan norma religius, berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Syafri Gunawan, M.Ag dan Anhar, M.A
Keywords: Kendala guru; Sejarah kebudayaan islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 04 Dec 2020 09:33
Last Modified: 04 Dec 2020 09:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6168

Actions (login required)

View Item View Item