Wati, Linda (2010) Kualitas kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
05 310 799.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (495kB) |
Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan, bagaimana kualitas kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam plaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan dan bagaimana tanggapan siswa terhadap kualitas kepribadian guru pendidkan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan, untuk mengetahui kualitas kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam plaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kualitas kepribadian guru pendidkan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif artinya mendeskripsikan keadaan yang ditemui di lokasi penelitian yang terdiri dari fakta-fakta, kejadian, dan menggambarkan objek yang diteliti secara sistematis. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada responden, observasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrsah Aliyah Muhammadiyah Kotanopan masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa. Bahwasanya dalam pelaksanaan pembelajaran belum berhasil dalam menggunakan metode dan media. Karena guru belum menggunakan metode dan media yang bervariasi, dan masih ada kendala yang dihadapi guru yaitu mengenai buku sumber. Sehingga kebanyakan guru yang kewalahan pada waktu penyampaian materi pembelajaran disebabakan kurangnya buku pegangan sehingga terpakasalah guru lebih dahulu mendiktekan ataupun mencatat materi pelajaran yang akan disampaikan. Sedangkan Tanggapan Siswa mengenai kualitas kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran masih kurang baik, hal ini disebabkan karena masih ada guru yang mengatakan tapi tidak sesuai dengan apa yang diperbuatnya contohnya, guru menganjurkan agar siswa menutup aurat ataupun memakai Jilbab diluar sekolah, akan tetapi guru tersebut tidak melaksanakan apa yang diajarkannya kepada siswa sehingga siswapun tidak melaksanakan apa yang diajarkan guru tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sahadir Nasution dan Zulhimma |
Keywords: | Kualitas kepribadian guru; pembelajaran; pendidikan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 03:24 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 03:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6165 |
Actions (login required)
View Item |