Fadillah, Dita (2016) Pengaruh penerapan customer focus terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0101.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Dunia perbankan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan nasabahnya, karena hubungan antara bank dan nasabah merupakan satu kesatuan. Dengan kata lain kedua komponen tersebut saling membutuhkan dan saling mempengaruhi. Oleh sebab itu, bank harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya sehingga terjalin hubungan yang baik diantara kedua belah pihak. Salah satu cara yang dilakukan bank adalah dengan menerapkan strategi customer focus untuk meningkatkan loyalitas nasabah secara signifikan di bank tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan customer focus terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai sistem pelayanan perbankan khususnya perbankan syariah melalui penerapan strategi yang berfokus kepada pelanggan. Ruang lingkup teori yang digunakan dalam penelitian ini membahas secara urut teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian termasuk konsep variabel menurut pandangan ekonomi syariah. Adapun metodologi penelitian yang digunakan adalah: menurut jenisnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan instrumen pengumpulan data berupa angket. Sedangkan metode analisis yang digunakan antara lain: uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan customer focus mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,850 dan bernilai positif menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1 satuan variabel penerapan customer focus akan menyebabkan kenaikan dengan arah positif sebesar 0,850 pada variabel loyalitas nasabah, dan dengan melihat nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi yang disyaratkan dalam penelitian ini yaitu 0,05. Selanjutnya koefisien determinasi (R2) sebesar 77,3% menunjukkan bahwa penerapan customer focus memiliki kemampuan menjelaskan variabel loyalitas nasabah sebesar 77,3%. Sementara hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (17,391 > 1,986). Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh penerapan customer focus terhadap loyalitas nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Customer focus; Loyalitas; asabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 20:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 13:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/606 |
Actions (login required)
View Item |