Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kepuasan nasabah tabungan muḍārabah (marhamah) di Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Lubis, Leli Suriyani (2016) Analisis kepuasan nasabah tabungan muḍārabah (marhamah) di Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Tabungan muḍārabah (Marhamah) adalah tabungan yang paling diminati di Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Jumlah tabungan muḍārabah tahun 2011 sampai dengan tahun 2015 adalah sebesar 979 nasabah. Perkembangan jumlah nasabah tabungan muḍārabah mengalami peningkatan dan penurunan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik nasabah tabungan muḍārabah (Marhamah), dan bagaimana tingkat kepuasan nasabah tabungan muḍārabah (Marhamah) di Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Dengan tujuan untuk menganalisis karakteristik nasabah tabungan muḍārabah (Marhamah) di Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan, dan untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah tabungan muḍārabah (Marhamah) terhadap dimensi kualitas jasa pelayanan Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Bank Syariah, Kepuasan Nasabah, Kepuasan Nasabah Menurut Persfektif Islam, dan Tabungan Muḍārabah. Metode pengukuran yang digunakan adalah skala Likert yang merupakan metode untuk mengukur sikap tertentu dari responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index, dan Importance Performance Analysis untuk mencari tingkat kepuasan nasabah serta diagram kartesius untuk mencari keterkaitan antara tingkat kepentingan kualitas jasa dan tingkat kinerja kualitas jasa pelayanan pada Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan nasabah merasa sangat puas terhadap kinerja pelayanan, dengan nilai indeks kepuasan nasabah sebesar 81,89%. Dengan analisis kuadran diketahui bahwa atribut yang dianggap penting oleh nasabah adalah kemudahan penjangkauan lokasi, pelayanan kepada nasabah tanpa memandang status sosial, sikap ramah dan santun karyawan pada semua nasabah sehingga menimbulkan perasaan nyaman di dalam bank, pemberian informasi mengenai produk dan jasa yang dimiliki kepada penabung oleh bagian pelayanan akurat dan memuaskan, karyawan memiliki disiplin yang tinggi serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugas, karyawan melakukan pencatatan dengan teliti dalam setiap transaksi, dana nasabah dikelola secara prinsip syariah, keamanan menabung dalam tabungan muḍārabah, dan kepastian kerahasiaan nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tangible; Empathy; Responsiveness; Reliability; Assurance importance performance analysis; Customer satisfaction index
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:12
Last Modified: 17 Apr 2020 13:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item