Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT produk tabungan haji makbul PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Nursani, Lestari (2017) Analisis SWOT produk tabungan haji makbul PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah nasabah produk Tabungan Haji Makbul PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan mengalami peningkatan dan penurunan mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Salah satu kendala masyarakat Mandailing Natal adalah besarnya ongkos naik haji, kemudian tabungan ini memudahkan masyarakat untuk mengunjungi baitullah. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana analisis SWOT produk Tabungan Haji Makbul. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis SWOT produk Tabungan Haji Makbul PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Analisis SWOT, yaitu sebuah bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran) sehingga bank bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mereka miliki. Penelitianini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah 25 responden yaitu customer service PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan, nasabah Tabungan Haji Makbul, dan masyarakat Mandailing Natal. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu informan kunci dilakukan secara sengaja. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dengan subjek penelitian dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkanhasil penelitian dengan menggunakan matrik sSWOT menunjukkan bahwa PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan memiliki kekuatan yang terdiri dari:Memiliki brand image, pelayanan yang cukup baik dan cepat, service mengantar calon jemaah Haji, manasik haji gratis, bebas biaya administrasi, asuransi gratis. Kelemahan produk ini terdiri dari:Lamanya daftar tunggu keberangkatan haji,promosi produk masih kurang, sedangkan peluang tabungan ini terdiri dari: Masyarakat yang mayoritas beragama Islam, pertumbuhan pangsa pasar yang semakin tinggi, minat nasabah semakin bertambah untuk menggunakan produk ini, lokasi yang strategis, sedangkan ancaman Produk Tabungan Haji Makbul terdiri dari: Persaingan produk yang semakin ketat, wilayah Kabupaten Mandailing Natal cukup luas. Hasil prosedur analisis terhadap produk Tabungan Haji Makbul adalah berada pada kuadran I (positif-positif) yang berarti keunggulan komperatif atau strategi progresif, yaitu produk Tabungan Haji Makbul memiliki begitu banyak kekuatan serta peluang yang cukup untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa,ST.,M.M dan Aliman Syahuri Zein,SEI.,MEI
Keywords: Analisis SWOT., Produk tabungan haji makbul
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:47
Last Modified: 06 Nov 2020 07:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item