Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh relationship quality (kualitas hubungan) terhadap loyalitas nasabah Tabungan Muamalat iB Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Hasibuan, Ade Ulan Sari (2016) Pengaruh relationship quality (kualitas hubungan) terhadap loyalitas nasabah Tabungan Muamalat iB Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
12 220 0046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah tabungan Muamalat iB pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dan terjadi penurunan untuk jumlah nasabah aktifnya sedangkan nasabah pasifnya mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan nasabah agar terwujudnya loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah relationship quality (kualitas hubungan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Muamalat iB pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang loyalitas nasabah, relationship quality (kualitas hubungan), kepercayaan, kepuasan, persepsi, komunikasi, ikatan sosial atau persahabatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 95 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,245 > 1,662), kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,157 > 1,662), persepsi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung < ttabel (1,086 < 1,662), komunikasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,131 > 1,662) dan ikatan sosial atau persahabatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,228 > 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kepercayaan, kepuasan, persepsi, komunikasi dan ikatan sosial atau persahabatan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan Fhitung > Ftabel (59,442 > 1,91). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 75,7% variabel kepercayaan, kepuasan, persepsi, komunikasi dan ikatan sosial atau persahabatan mampu mempengaruhi loyalitas nasabah dan 24,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Relationship quality (kualitas hubungan); Loyalitas nasabah; Tabungan Muamalat iB
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 Apr 2020 05:44
Last Modified: 16 Apr 2020 05:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item