Pohan, Ahmad Yasir (2011) Upaya guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang studi PAI di Pondok Pesantren Taman Perguruan Islam (TPI) Purbasinomba. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
06 311 088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (542kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Upaya Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Efisien Dalam Bidang Studi PAI di Pondok Pesantren Taman Perguruan Islam (TPI) Purbasinomba”. Guru adalah orang yang profesinya atau pekerjaannya mengajar. Oleh karena itu, gurulah yang berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membina anak didik baik secara individual maupun klasikal, di sekolah maupun di luar sekolah. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bidang studi PAI. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran bidang studi PAI di Pondok Pesantren Taman Perguruan Islam (TPI) Purbasinomba. Bagaimana upaya dan bentuk-bentuk yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien di Pondok Pesantren Taman Perguruan Islam (TPI) Purbasinomba, dan kendala-kendala yang ditemukan guru dan bagiamana mangatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini adalah kualitatif distritif. Teknik pengumpulan data kelapangan melalui observasi, dan wawancara kepada guru-guru bidang studi PAI di Pondok Pesantren TPI Purbasinomba. Dari hasil penelitian yang diperoleh, akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bidang studi PAI di Pondok Pesantren Taman Perguruan Islam (TPI) Purbasinomba diantaranya, tetap melaksanakan berbagai kegiatan baik melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, dan berbagai metode pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan guru bidang studi PAI dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan mempersiapkan perencanaan pengajaran antara lain, mepersiapkan desain materi, merencanakan skenario, merencanakan metode, merencanakan media/ alat serta merencanakan evaluasi sedangkan kendala yang ditemukan guru dan upaya mengatasinya antara lain, siswanya yang malas membawa buku dan tidak bisa baca al-Qur’an. Usaha mengatasinya siswa yang tidak membawa buku sebangku dengan siswa yang membawa buku dan siswa yang tidak bisa membaca al-Qur’an diberikan ayat alQur’an yang bertulisan dalam surat latin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin Pulungan, M.Ag dan Drs. lazuardi, M.Ag |
Keywords: | Upaya guru; Pembelajaran efektif dan efisien; Pondok Pesantren Taman Perguruan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 02:44 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 02:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5994 |
Actions (login required)
View Item |