Harahap, Nina Erlinda (2020) Faktor penentu keputusan pedagang pasar Sipirok dalam memilih produk Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan pedagang terhadap bank konvensional lebih banyak yang menggunakan jasa konvensional daripada pengguna jasa bank syariah. Pedagang atau pelaku usaha cenderung melakukan transaksi untuk menyimpan dananya ataupun melakukan pembiayaan untuk menjalankan usahanya. Oleh sebab itu, adanya peluang perbankan syariah dalam menarik minat pedagang untuk menggunakan jasanya dengan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah serta memberikan kualitas pelayanan yang baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok dalam memilih produk jasa Bank Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok dalam memilih produk jasa Bank Syariah. Pembahasan penelitian ini adalah pengertian pengambilan keputusan, faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen, produk bank syariah, pengertian lokasi, jenis-jenis lokasi, tujuan strategis lokasi, faktor-faktor lokasi, pengrtian kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah sampel 31 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokolerasi, uji heteroskedastisitas, uji determinasi (R2 ), uji analisis regresi linear berganda, uji t (uji parsial), uji F (simultan) Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lokasi terhadap keputusan pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel = (3,686 >1,701). Dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel = (3,909>1,701). Sedangkan secara simultan (uji F) menghasilkan Fhitung>Ftabel (63,949> 3,34) dan untuk untuk nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga nilai sig <0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya, terdapat pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pedagang pasar Sipirok dalam memilih produk jasa Bank Syariah Mandiri Sipirok. Dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari uji hipotesis, dimana R square variabel sebesar 82 % yang dipengaruhi oleh variabel ini sedangkan 18 % dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, SEI., M.A dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Lokasi; Kualitas pelayanan; Keputusan pedagang |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 01:56 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 01:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5982 |
Actions (login required)
View Item |