Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk tabungan berencana pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan

Ritonga, Hotnida Sari (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk tabungan berencana pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah nasabah pengguna produk tabungan berencana yang mengalami fluktuasi setiap tahunnya selama periode 2015-2019. Dimana pada tahun 2015-2016 jumlah nasabah menurun sebesar 2,32%, sedangkan pada tahun 2017 jumlah nasabah hanya meningkat sebesar 38,76%. Oleh karena fluktuasi tersebut tentu ada beberapa faktor yang memengaruhi keputusan nasabah memilih produk tabungan berencana sehingga jumlah nasabah setiap tahunnya menggalami perubahan tidak cendrung ke arah peningkatan yang berubah-ubah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi, pelayanan, dan bagi hasil terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan berencana pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, pelayanan, dan bagi hasil terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan berencana pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 51 responden. Selanjutnya pengolahan data yang dilakukan dengan SPSS Versi 23. Uji yang dingunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linear berganda, Uji hipotesis (uji t dan uji F) dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Promosi (X1), tidak terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk tabungan berencana, terlihat dari nilai signifikan sebesar 0.293 > 0.05. Pada variabel Pelayanan (X2), tidak terdapat pengaruh pelayanan terhadap keputusan nasabah, terlihat dari nilai signifikan sebesar 0.999 > 0.05. Dan variabel bagi hasil (X3) terdapat pengaruh bagi hasil terhadap keputusan nasabah, terlihat dari nilai signifikan sebesar0.03 < 0.05. Sedangkan secara simultan, variabel promosi, pelayanan, dan bagi hasil secara bersama-sama terdapat pengaruh terhadap keputusan nasabah, terlihat pada hasil Fhitung = 3.113 dan Ftabel = 2.81 dimana Fhitung > Ftabel atau 3.113 > 2.81.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST., MM dan Rini Hayati Lubis, S.P., M.P
Keywords: Promosi; Pelayanan; Bagi hasil; Keputusan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 06 Nov 2020 01:52
Last Modified: 06 Nov 2020 01:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item