Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan

Harahap, Mastika (2011) Upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 311 109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan” adapun masalah yang diteliti dalam pembahasan skripsi ini adalah sesuai dengan rumusan masalah, yaitu: bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, serta bagaimana upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, serta upaya guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisis dengan logika ilmiah, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan sudah dapat dikategorikan berhasil yang optimun dengan menggunakan waktu pembelajaran yang efesien dan sesuai dengan kebutuhan serta dapat mencapai tujuan pembelajaran sebab, efektivitas dalam pembelajaran berkaitan dengan terlaksananya tugas pokok, seperti tercapainya media, sarana dan prasarana, semua itu sudah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menjadi kendala-kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan seperti kurangnya jam pelajaran yang di sediakan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya 2 jam perminggunya, kurangnya sarana dan prasarana seperti mushallah yang terlalu kecil, minimnya buku-buku Pendidikan Agama Islam atau buku yang relevan di perpustakaan, adanya siswa yang ribut di kelas, siswa yang di panggil oleh guru lain ketika jam pelajaran berlangsung, adapaun upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan seperti menggunakan variasi metode pembelajaran, menguasai bahan, pelajaran, membangkitkan motivasi belajar, menggunakan alat peraga serta melakukan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Irwan Saleh Dalimunthe dan Akhiril Pane
Keywords: Guru; efektivitas pembelajaran; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:55
Last Modified: 23 Oct 2020 03:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item