Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya guru menciptakan siswa aktif di SIMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah

Suwandi, Suwandi (2011) Pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya guru menciptakan siswa aktif di SIMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai Upaya Guru Menciptakan Siswa Aktif di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah sehingga muncul permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah, apakah manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan guru dapat menciptakan siswa aktif di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah dan apakah hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam untuk menciptakan siswa aktif di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah, untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan guru dapat menciptakan siswa aktif di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai upaya guru menciptakan siswa aktif di SMPN 3 Sibabangun Kab. Tapanuli Tengah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku. Di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis, dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi. Selanjutnya menggunakan instrumen pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian yang menjadi sumber data penelitian ini adalah sumber data primer: guru pendidikan agama Islam dan siswa. Sumber data sekunder: data yang dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber pertama, yaitu guru bidang studi mata pelajaran lain dan Kepala Sekolah. Dengan demikian hasil penelitian ini diperoleh bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya guru menciptakan siswa aktif di SMPN 3 Sibabangun telah dilaksanakan, baik yang mencakup: perencanaan satuan pembelajaran, pengorganisasian dengan guru bidang studi lainnya, pengawasan jalannya proses pembelajaran serta pengevaluasian pada setiap akhir pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam meningkatkan prestasi siswa dengan mencoba melaksanakan sebuah model manajemen pembelajaran, kemudian untuk mengambil tindak lanjut berikutnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Magdalena dan Erna Ikawati
Keywords: pendidikan Islam; guru; manajemen pembelajaran; siswa aktif
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:35
Last Modified: 23 Oct 2020 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item