Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Model pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Hasibuan, Aida Safitri (2020) Model pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (999kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kesadaran dan kemauan siswa dalam belajar,terkadang ada siswa yang membuat keributan sehingga proses belajar tidak optimal dan kelas tidak nyaman. Hal ini guru menggunakan model pembelajaran untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar, sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien untuk meningkatkan prestasi belajar mereka. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah model pembelajaran yang digunakan guru Fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Apa faktor pendukung dan hambatan yang dialami guru Fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran guru Fiqih dan faktor pendukung dan hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Kajian teori dalam pembahasan adalah penjelasan tentang model pembelajaran,macam-macam model pembelajaran, pengertian guru, pengertian mengajar, tugas guru, peranan guru, pengertian belajar, pengertian prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, mata pembelajaran Fiqih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa model pembelajaran guru Fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Simpanggambir kurang efektif dilihat dari ketidak sanggupan guru Fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dan guru kurang menguasai model pembelajaran, seperti model pembelajaran Active Debate (debat aktif),usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar model pembelajaran Learning Stars With A Question (belajar diawali dengan pertanyaan),strategi yang digunakan meningkatkan prestasi belajar dengan model pembelajaran Jigsaw (belajar kelompok), faktor pendukung meningkatkan prestasi belajar siswa buku-buku Fiqih, leptop, faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu faktor siswa, faktor keluarga, Faktor lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asfiati dan Ismail Baharuddin
Keywords: pendidikan Islam; guru; fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 23 Oct 2020 02:20
Last Modified: 23 Oct 2020 02:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item View Item