Harianja, Haidir (2016) Pengaruh biaya promosi terhadap total dana pihak ketiga di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 220 0104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Keberadaan promosi sangat penting bagi setiap perusahaan. Tanpa adanya promosi maka, produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak akan dikenal oleh masyarakat, sehingga masyarakat tidak akan menggunakan produk tersebut. Dalam hal ini, PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan telah melakukan berbagai promosi melalui beberapa media. Dalam hal merealisasikan pencapaian target laba dari perolehan total Dana Pihak Ketiga maka PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan berusaha untuk mengoptimalkan peranan promosi. Namun harus diingat bahwa kegiatan promosi membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tidak gratis, jadi merupakan pekerjaan yang sia-sia apabila ternyata kegiatan promosi yang menghabiskan dana yang besar tidak memberikan dampak yang berarti terhadap total dana pihak ketiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder, berupa datadokumentasi atau data laporan yangtelah tersedia,yaitu data dari laporan keuangan bulanan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuanperiode tahun 2012 sampai 2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu metode yang digunakan untuk menelusuri data historis dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 22.0. Variabel dalam penelitian ini adalah biaya promosi (variabel X) dan total dana pihak ketiga (variabel Y). Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan Y = 17,145 + 0,516 X, dengan kata lain bahwa biaya promosi memiliki pengaruh positif terhadap total dana pihak ketiga di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Dari hasil data yang diolah terdapat pengaruh yang kuat antara biaya promosi terhadap total dana pihak ketiga di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R sebesar 0,902. Sedangkan dalam pengujian hipotesis diperoleh R squere sebesar 0,814, artinya 81,4% pertambahan jumlah total dana pihak ketiga dapat dijelaskan oleh variabel biaya promosi. Sedangkan sisanya sebesar 18,6% dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mudzakkir Khotib Siregar, M.A dan Muhammad Isa, ST, MM |
Keywords: | Bank Sumut; Dana Pihak Ketiga |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 02:37 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 08:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/58 |
Actions (login required)
View Item |