Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh faktor sosial dan psikologis terhadap keputusan pembelian kartu telkomsel (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)

Siregar, Maya Khalijah (2019) Pengaruh faktor sosial dan psikologis terhadap keputusan pembelian kartu telkomsel (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah factor social dapat kita lihat pada posisi seorang yang memiliki peran dan status yang mereka miliki sedangkan faktor psikologis untuk mengenali perasaan mereka dalam mengambil tindakan. Faktor psikologis yang memengaruhinya adalah faktor harga yang menarik perhatian dan emosi calon pembeli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh faktor sosial dan psikologis baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada kartu Telkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial dan psikologis baik secara parsial maupun simultan. Manfaat penelitiannya untuk peneliti, bagi perusahaan dan bagi pihak lain. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengambilan keputusan pembelian. Pengambilan keputusan pembelian yaitu faktor sosial dan psikologis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 84 responden dari seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, pengambilan sampel dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Stratified Random Sampling, sumber data yang digunakan data primer dan sekunder dan pengumpulan data adalah teknik wawancara, angket (kusioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistic deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian pada faktor sosial berpengaruh terdapat keputusan pembelian, hal ini dibuktikkan dengan nilai thitung>ttabel (19,864 >1,663) maka Ha1 diterima dan pada Faktor Psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung>ttabel (11,314 >1,663) maka Ha2 diterima. Kemudian Faktor Sosial dan Faktor Psikologis berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian kartu Telkomsel dengan nilai Fhitung > Ftabel (303,504 > 2,37) maka Ha3 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis dan Windari
Keywords: faktor sosial; psikologis; keputusan pembelian
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:49
Last Modified: 15 Oct 2020 04:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item