Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan

Nasution, Sulaiman (2016) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan berperan sangat penting dalam sektor ekonomi dalam mendukung usaha mikro dan menengah untuk masyarakat, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan oleh BMI KCP Panyabungan harus optimal, sehingga bank tersebut mampu memenangkan persaingan dan menarik nasabah menggunakan produk dan jasanya. Oleh karena itu BMI KCP Panyabungan harus berupaya lebih baik lagi dalam hal meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga terciptanya loyalitas nasabah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berhubungan dengan manajemen pemasaran bank yang membahas tentang kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan data primer dan sampel dengan menggunakan rumus slovin menjadi sebanyak 93 responden. Proses pengolahan data menggunakan SPSS versi 20. Hasil dari penelitian secara parsial (uji t) untuk variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dibuktikan dari nilai signifikan < 0.05 (0,000 < 0,05) dan thitung > ttabel (4,218 > 1,986) maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah di Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan. Kemudian nilai koefisien determinasi sebesar 0,164 (16,4%), berarti bahwa variabel loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sebesar 16,4%, sedangkan sisanya 83,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: Kualitas Pelayanan; Loyalitas Nasabah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:37
Last Modified: 16 Oct 2020 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5730

Actions (login required)

View Item View Item