Matondang, Normawati (2017) Pengaruh penjualan produk MULIA terhadap peningkatan pendapatan di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Produk MULIA adalah salah satu produk dari Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak. Produk ini adalah produk yang kurang diminati masyarakat. Padahal produk ini adalah jenis investasi yang nilainya stabil, likuid, dan aman secara riil. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah penjualan produk MULIA yang berfluktuasi. Hal ini tentu menyebabkan peningkatan pendapatan pegadaian juga mengalami fluktuasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penjualan produk MULIA mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pendapatandi PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang analisis laporan keuangan lembaga keuangan non bank terkait dengan penjualan produk MULIA dan pendapatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang penjualan, murabahah dan pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu laporan keuangan bulanan tahun 2011-2014 PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak, dengan jumlah sampel 48 bulan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS Versi 22. Analisis yang digunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil uji pengukuran koefisien determinasi (R square) diperoleh nilai R sebesar 0,442 artinya korelasi antara variabel penjualan produk MULIA terhadap peningkatan pendapatan sebesar 0,442. Sedangkan R square (R²) adalah 0,195. Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan yang sangat rendah antara penjualan produk MULIA dengan peningkatan pendapatan pegadaian. Berarti 19,5% pertambahan jumlah pendapatan pegadaian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu penjualan produk MULIA. Sedangkan 80,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.Dari hasil pengukuran uji t, dapat dilihat bahwa penjualan menunjukkan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05 artinya signifikan, sedangkan thitung (3,342) > ttabel (1,678) artinya ada pengaruh penjualan terhadap pendapatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel penjualan produk MULIA berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pegadaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, S.HI., Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | Penjualan Produk MULIA; Pendapatan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 01:47 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 01:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5696 |
Actions (login required)
View Item |