Mahlinda, Desherli (2017) Pengaruh keteladanan guru dan relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Tahalak Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih terdapat siswa yang mencerminkan perilaku seperti terlambat mengikuti shalat berjama’ah, terlambat, ribut waktu shalat, tidak kebersihan di asrama, ribut pada waktu belajar malam, berbicara tidak sopan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru dan relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al-Azhar Bi’ibadillah Desa Tahalak Ujung Gading Kecamatan Batang Angkola. Teori yang digunakan pada variabel keteladanan guru adalah Social Learning Theory. Teori ini menjelaskan bahwa sebagian besar dari apa yang dipelajari manusia terjadi melalui peniruan (imitation) dan contoh perilaku (modeling). Teori yang digunakan pada variabel relasi gender adalah teori sosialisasi. Teori ini menjelaskan bahwa lingkungan sosial (lingkungan bermain, lingkungan pekerjaan) berpengaruh terhadap perilaku, sikap, dan pesonalitas seseorang, sebagian besar dari apa yang dilihat dan dipelajari oleh individu disekelilingnya bisa menjadi perubahan sikap maupun perilaku bagi individu itu sendiri. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat ex post facto. Adapun populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa di MTsS Al-Azhar Bi’ibadillah yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 488 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara proportionate cluster random sampling dengan jumlah 73 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa di MTsS Al-Azhar Bi’ibadillah. Hasil perhitungan menunjukkan nilai rxy = 0,275. Hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa Fhitung = 5,825, > Ftabel 3,98. maka H0 ditolak atau Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al-Azhar Bi’ibadillah”. Hasil perhitungan memumjukkan nilai rxy 0,263. Hasil perhitungan regresi menunjukkan bahwa Fhitung = 5.289, > Ftabel 3,98, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 3) Terdapat pengaruh keteladanan guru dan relasi gender terhadap akhlak siswa di MTsS Al-Azhar Bi’ibadillah”. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa Fhitung = 5.542 > Ftabel 3,98, maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan garis persaman regresinya Ỳ = 11.604+0,694X1+0,233X2. hal ini berarti bahwa hipotesis ketiga “terdapat pengaruh keteladanan guru dan relasi gender trhada akhlak siswa” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag dan Zulhammi, M.Ag., M.Pd |
Keywords: | Keteladanan guru; Relasi gender; Akhlak siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 07:46 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5647 |
Actions (login required)
View Item |