Syafridah, Syafridah (2017) Hubungan konsep diri dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai sebuah konsep diri yang seharusnya berbanding lurus dengan motivasi belajar siswa. Namun bisa berubah menjadi sebaliknya, sebuah konsep diri yang negatif akan memberikan dampak buruk kepada motivasi belajar siswa, khususnya untuk pendidikan agama Islam siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri dan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini, teori yang dikemukakan Hull bahwa kebutuhan- kebutuhan organisme adalah merupakan penyebab munculnya dorongan, dan dorongan mengaktifkan tingkah laku dalam rangka mengembangkan keseimbangan fisiologis organisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Sampelnya adalah 15% dari seluruh populasi yang berjumlah 124 orang siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan tahun pelajaran 2016-2017, yakni 37 orang dengan menggunakan tekhnik stratified random sampling. Intrumen pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket. Sementara, pengolahan dan analisis data dilakukan dengan analisis statistik yaitu dengan rumus product moment. Berdasarkan penelitian bahwa konsep diri siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 71%. Motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 72%. Kemudian untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini, maka nilai thitung akan dikonsultasikan kepada ttabel dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 37 pada tarap signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 7,046 ttabel 1,679, dan apabila dilihat kepada tabel interpretasi korelasi diperoleh bahwa antara variabel bebas dan terikat mempunyai hubungan yang sangat kuat. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa MTs Darul Istiqomah Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Konsep Diri; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 02:45 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5604 |
Actions (login required)
View Item |