Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal

Ervina, Ervina (2012) Pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal, Bagaimana akhlak siswa MTs NU Sihepeng Kabupaten Mandailing Natal, Dan Apakah ada pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui akhlak siswa MTs NU Sihepeng Kabupaten Mandailing Natal, dan untuk megetahui ada pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailang Natal. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan analisis data, jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal yang Aktif Pada Tahun Ajaran 2011- 2012, yaitu sebanyak 150 siswa. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 20% dari jumlah populasi yang ada, yaitu siswa yang merupakan perwakilan seluruh siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal. Penarikan sampel dilakukan dengan Teknik proporsional Random Sampling sebanyak 30 siswa yang dilakukan secara acak dalam setiap kelas,. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dengan teknik analisis korelasi yang dilanjutkan dengan perhitungan regresi sederhana. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi persuasif guru terhadap akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa komunikasi persuasif guru adalah kuat, yaitu dengan tingkat pencapaian 73,7% dan Akhlak Siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal tergolong baik, yaitu sebesar79,6 %. Sedangkan Korelasi antara variabel komunikasi persuasif guru dengan akhlak siswa MTs NU Sihepeng, Kabupaten Mandailing Natal tergolong baik, dengan koefisien korelasi sebesar 0,618, Artinya variabel komunikasi persuasif guru mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel Akhlak Siswa dan memberikan kontribusi sebesar 38,192% turut mempengaruhi akhlak siswa, sementara sisanya, yaitu 61.808% ditentukan oleh variabel lain. Berdasarkan koefisien regresi linier, pengaruh variabel komunikasi persuasif guru dengan Akhlak Siswa diperoleh dalam bentuk persamaan regresi:Ŷ= 27,315+ 0,462. X. Hal menunjukkan bahwa nilai variabel akhlak siswa akan terus meningkat sebesar 0,462 dengan komunikasi persuasif positif yang diberikan oleh guru. Maka jika Komunikasi persuasif di prediksikan meningkat satu poin maka maka variabel akhlak siswa meningkat sebesar 27.777.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Juni Wati Sri Rizki dan Rosimah Lubis
Keywords: Guru; komunikasi persuasif; akhlak siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:04
Last Modified: 12 Oct 2020 04:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item