Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran PAI di SD Negeri Pargumbangan Angkola Timur

Lubis, Derlina (2012) Kreativitas guru dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran PAI di SD Negeri Pargumbangan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, dengan adanya kreativitas dapat memotivasi siswa untuk bersemangat dalam belajar, melihat realita yang terjadi di lapangan, bahwa kreativitas yang dilakukan Guru PAI di SD N Pargumbangan Angkola Timur belum memiliki ciri-ciri kreativitas yang baik. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “kreativitas Guru dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran PAI di SD N Pargumbangan Angkola Timur”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk kreativitas yang dilakukan Guru dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran PAI di SD N Pargumbangan Angkola Timur, apa faktor penghambat kreativitas dan apa solusi yang dilakukan Guru untuk mengantisipasi hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kreativitas Guru dalam pelaksanaan pengelolahan pembelajaran PAI, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi Guru, dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan Guru dalam mengantisipasi hambatan kreativitas Guru PAI di SD N Pargumbangan Angkola Timur. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk analisis kualitatif deskriptif, adalah proses penelitian untuk menghasilkan data, deskriptif yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak dari orang-orang atau pelaku yang diteliti. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu Guru PAI di SD N Pargumbangan Angkola Timur. Setelah penelitian ini dilakukan dapat disimpulkan,bahwa kreativitas yang dilakukan guru PAI belum baik. Adapun bentuk kreativitas yang dilakukan guru PAI di SD N Pargumbangan Angkola Timur adalah, menggunakan alat peraga, pemberian hadiah, keterampilan bertanya dasar, mengadakan evaluasi, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, dan mengadakan diskusi kelompok.Adapun hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kreativitas adalah, siswa ribut, guru kurang percaya diri, guru memiliki rasa takut, guru merasa puas dengan pembelajaran yang di laksanakan, dan guru terpaku pada masalah. Adapun solusi yang di lakukan guru PAI untuk mengantisifasi hambatan tersebut adalah, pemberian nasehat kepada murid, Guru harus memiliki kesiapan untuk mengajar, guru harus memiliki keberanian, guru harus memiliki rasa yang kondusif dalam pembelajaran, dan guru harus berpikiran yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asmadawati dan Maslina Daulay
Keywords: Krativitas guru; pembelajaran; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:53
Last Modified: 12 Oct 2020 03:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item