Dongoran, Linda Hairani (2016) Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri 101019 Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0145.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya apa saja yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole, dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole. Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena atau kejadian yang terjadi dilapangan apa adanya. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara di SD Negeri Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole. Hasil penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yaitu dengan cara memberikan bimbingan belajar siswa, membuat metode bervariasi, mengoptimalkan penggunaan media pebelajaran serta pemberian motivasi siswa untuk belajar lebih giat dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, selain itu juga upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan melalui materi, maksudnya guru berusaha mempelajari buku-buku yang berkenaan dengan materi tersebut, upaya yang dilakukan guru adalah meningkatkan sikap dan minat siswa terhadap bidang studi Pendidikan Agama Islam, dan upaya guru yang selanjutnya adalah memberikan hadiah atau pujian kepada siswa yang berprestasi setiap akhir semester. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa adalah ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal siswa seperti faktor guru, metode mengajar guru, lingkungan keluarga dan sarana prasarana juga sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis dan Hamdan Hasibuan |
Keywords: | pendidikan Islam; guru; prestasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 04:32 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 04:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5514 |
Actions (login required)
View Item |