Putri, Mirlan Sari (2017) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aek Kanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Persaingan yang semakin ketat mendorong setiap bank agar mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah dengan cepat. Salah satu produk yang diluncurkan oleh PT. Bank Syariah Mandiri adalah produk pembiayaan pensiun pada April 2016. Produk ini diluncurkan karena pensiunan merupakan pasar potensial dalam mendukung pertumbuhan pembiayaaan konsumer bank syariah mandiri mengingat jumlah pensiun pegawai negeri maupun pegawai swasta tiap tahun mengalami peningkatan, pensiunan tersebut masih perlu memenuhi kebutuhan pribadi maupun keluarganya. Di Aek Kanopan bukan hanya PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aek Kanopan saja yang memiliki produk pembiayaan pensiun, produk ini juga ada pada PT. Bank Sumut, Kantor Pos dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional. Setiap lembaga keuangan baik bank maupun non bank harus mampu memadukan seluruh aspek yang terkandung dalam strategi pemasaran. Sejak diluncurkannya produk pembiayaan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aek Kanopan, jumlah nasabahnya mengalami fluktuasi dimana jumlah yang paling banyak ada pada bulan Oktober yaitu 11 nasabah, pada bulan Juni 6 nasabah, Juli 3 nasabah, Agustus 5 nasabah, November 9 nasabah dan jumlah nasabah yang paling sedikit ada pada bulan April dan Mei sebanyak 1 nasabah. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aek Kanopan. Dari rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aek Kanopan. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pensiun, sehingga pendekatan teori disesuaikan dengan ruang lingkup yang dibahas, yaitu pengertian strategi pemasaran, pembiayaan, nasabah dan pembiayaan pensiun. Selain itu peneliti juga membuat penelitian terdahulu yang relavan sehingga memperkuat penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil strategi pemasaran, yang paling berpengaruh terhadap bertambahnya jumlah nasabah pembiayaan pensiun pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Aek Kanopan adalah strategi harga yang menetapkan biaya yang murah dibanding dengan harga pesaing (competitor) dan strategi promosi personal selling yang dilakukan melalui tenaga sales force untuk melakukan penjualan door to door.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sumper Mulia Harahap dan Damri Batubara |
Keywords: | strategi pemasaran; nasabah pembiayaan pensiun |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 02:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 02:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5487 |
Actions (login required)
View Item |