Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah (studi kasus pedagang pasar sangkumpal bonang kota Padangsidimpuan)

Abdullah, Azisman (2017) Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah (studi kasus pedagang pasar sangkumpal bonang kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh nasabah dan bagaimana cara memenuhinya untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Loyalitas nasabah dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan promosi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pedagang pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan menjadi bank syariah secara parsial dan simultan. Penelitian ini berguna bagi bank syariah, peneliti dan peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Adapun teori-teori yang berkaitan dengan manajemen pemasaran dalam penelitian ini meliputi teori tentang pelayanan, promosi, loyalitas dan teori manajemen lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada 82 responden yang merupakan pedagang sangkumpal bonang yang menjadi nasabah bank syariah. Adapun uji analisis data yang digunakan antara lain analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Pengolahan data yang dilakukan pada SPSS versi 22,0. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Pelayanan memiliki nilai thitung sebesar 6,424 dan ttabel yang diperoleh sebesar 1,99045. Jadi thitung> ttabel atau 6,424 > 1,99045 artinya Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas. Promosi memiliki nilai thitung yaitu sebesar -0,184 dan ttabel yang diperoleh sebesar -1,99045. Jadi –thitung> -ttabel atau -0,184 > -1,99045 artinya Ha ditolak dan H0 diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa Promosi tidak memiliki pengaruh terhadap Loyalitas. Berdasarkan uji secara simultan (uji F) nilai Fhitung sebesar 22,197 > 3,11 Ftabel. Karena Fhitung> Ftabel maka variabel Pelayanan dan Promosi bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Loyalitas. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,360 artinya pengaruh variabel Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas sebesar 36% dan sisanya 64% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mudzakkir Khotib Siregar, MA dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: Kualitas pelayanan; Promosi; Loyalitas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 05 Oct 2020 08:43
Last Modified: 05 Oct 2020 08:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5477

Actions (login required)

View Item View Item