Efriana, Efriana (2016) Pengaruh atribut produk dan penerapan nilai islam terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Dalam lingkungan perbankan, bank syariah menjadi trend dalam perekonomian saat ini. Brand Syariah memegang peranan yang sangat penting bagi dunia perekonomian masyarakat. Kemunculan bank syariah mendapat tudingan dari masyarakat, bahwa bank syariah hanyalah lembaga keuangan syariah yang dibubuhi lebel syariah saja. Masyarakat beranggapan bahwa bank syariah itu sama saja dengan bank konvensional. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang sistem yang dijalankan oleh bank syariah, sehingga membuat masyarakat kurang loyal terhadap PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Dan lihat dari data yang diperoleh dari PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga selam periode lima tahun yang mengalami fluktuasi pada tahun 2014. Fluktuasi terjadi karena kurangnya loyalitas nasabah padaPT.Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah atribut produk dan penerapan nilai Islam berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk dan penerapan nilai Islam terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berhubungan tentang atribut produk dan penerapan nilai Islam terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode angket, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling (sampel acak). Sampel yang diambil adalah sebanyak 98 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Uji dalam penelitian ini menggunakan uji validasi dan realibilitas. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik yaitu ujin ormalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas. Dan uji hipotesis yang digunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial atribut produk berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga dimanat hitung>ttabel (9,909> 1,661). Secara parsial penerapan nilai Islam tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga, dimana hasil thitung<ttabel(0,585< 1,661). Dan secara simultan variabel atribut produk dan penerapan nilai Islam berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Sibolga dengan nilai Fhitung>Ftabel (53,012> 3,09). Dan nilai R2 sebesar 0,527 atau 52,7%, hal ini menunjukkan bahwa sumbangan variabel atribut produk dan penerapan nilai Islam 52,7% terhadap variabel loyalitas nasabah, sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rosnani Siregar, M.Ag. dan Azwar Hamid, M.A. |
Keywords: | Atribut produk; Nilai Islam; Loyalitas nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 08:26 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/546 |
Actions (login required)
View Item |