Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan dana pihak ketiga pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia tahun 2010-2014

Ritonga, Nurimah (2017) Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan dana pihak ketiga pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia tahun 2010-2014. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya kecenderungan peningkatan dana pihak ketiga dalam kurun waktu Januari 2010- Desember 2014 yang didikuti dengan fluktuasi biaya promosi pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia yang menunjukkan bahwa tidak setiap kejadian empiris sesuai dengan teori yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan dana pihak ketiga pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah di Indonesia tahun 2010-2014. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran dan analisis laporan keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan biaya promosi dan dana pihak ketiga atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder melalui situs www.ojk.go.id dengan bentuk data time series sebanyak 60 sampel. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji koefisien determinasi, uji t dan analisis regresi linier sederhana. Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan dana pihak ketiga, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,677 1,67155). Adapun R Square sebesar (18,9%), yang berarti bahwa variabel dana pihak ketiga dapat dijelaskan variasi variabel biaya promosi sebesar 18,9%. Sedangkan sisanya sebesar 81,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa dan Ali Hardana
Keywords: Biaya promosi; DPK; BUS; UUS
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:01
Last Modified: 02 Oct 2020 08:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item