Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan santri pondok pesantren Al Mukhtariyah Sungai Dua Portibi memilih produk tabungan simpanan pelajar Bank Syariah Mandiri KC Gunung Tua

Sihombing, Hadengganan (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan santri pondok pesantren Al Mukhtariyah Sungai Dua Portibi memilih produk tabungan simpanan pelajar Bank Syariah Mandiri KC Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Tabungan Simpel adalah tabungan dengan biaya administrasi yang ringan dan setoran. Namun pada Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah tidak banyak yang menggunakan Tabungan Simpel. Hanya 90 santri yang menggunakan Tabungan simpel atau 39,6% dari 227 siswa Tsanawiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh X1, X2, X3 secara parsial dan simultan terhadap keputusan santri memilih produk Tabungan Simpel Bank Syariah Mandiri KC Gunung Tua. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh X1, X2, X3 secara parsial dan simultan terhadap keputusan santri memilih produk Tabungan Simpel Bank Syariah Mandiri KC Gunung Tua. Kegunaan penelitian untuk peneliti, tempat penelitian, peneliti selanjutnya, Bank Syariah Mandiri KC Gunung Tua. Penelitian ini menggunakan teori kasmir yang menyatakan harga dan promosi ikut serta dalam menarik nasabah atau memengaruhi nasabah untuk mengambil keputusan, dan menggunakan teori Nugroho J setiadi yang menyatakan dalam mengambil keputusan diperlukan sebuah pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah sampel 90 Santri. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi. Dengan menggunakan program SPSS Versi 21.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan KTS= 6,762 - 0,161Hg + 0,282Pr + 0,377Pe + e dan data R square sebesar 0,198 hal ini berarti 17% variabel Harga, Promosi, Pengetahuan mampu menerangkan variabel Keputusan Santri memilih Produk Tabungan Simpel, sedangkan sisanya sebesar 83% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Harga memiliki -thitung > -ttabel dan tingkat signifikansi > α (-0,895 > -1,987), (0,373 > 0,1). artinya Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan. Promosi memiliki thitung > ttabel (2,126 > 1,987) tingkat signifikansi < α (0,036 < 0,1) artinya Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan. Pengetahuan memiliki thitung > ttabel (2,585 > 1,987) dan nilai Sig. < α (0,011 < 0,1) artinya Pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa Harga, Promosi, Pengetahuan memiliki Fhitung > Ftabel (7,072 > 2,148) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 < α (0,1) artinya Harga, Promosi, Pengetahuan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Darwis Harahap dan Azwar Hamid
Keywords: harga; promosi; pengetahuan; keputusan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:40
Last Modified: 01 Oct 2020 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item