Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan

Rambe, Riska (2016) Pengaruh bauran promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0165.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan yang maksimal danmempertahankan atau bahkan berusaha meningkatkannya untuk jangka waktu lama. Tujuantersebut dapat direalisir apabila promosidapat dilaksanakan seperti yangdirencanakan. Untuk mencapai tujuan tersebut,Unit Pegadaian Syariah Sadabuan harus melakukan usaha agar produk danjasanya laku terjual. Promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasayang dihasilkan, tanpa promosi masyarakat tidak dapat mengenal danmengetahui pegadaian apalagi produk-produknya, dengan adanya promosi diharapkan dapat meningkatkan minat nasabah untuk menggunakan produk yang ada di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan, khususnya produk MULIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan personal selling secara parsial dan simultan terhadap minat nasabah menggunakan produk MULIA pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang perbankan syariah. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan periklanan, personal selling, minat nasabah, serta teori-teori lain yang mendukung penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Sumber data yang digunakan adalah data primer. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan maka diperlukan instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner (angket) dengan jumlah sampel sebanyak 32 nasabah yang diambil dari seluruh anggota populasi, dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science)versi 23.0. Variabel dalam penelitian ini adalah periklanan (X1), personal selling (X2) dan minat nasabah (Y). Hasil penelitian menunjukkan, periklanan dan personal selling memiliki hubungan yang sangat kuatterhadap minat nasabah, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0,828. 2 Sedangkankoefisien determinasi (R ) sebesar 0,685. Hal ini berarti 68,5 persen pertambahan minat nasabah dapat dijelaskan oleh variabel periklanan dan personal selling. Sedangkan sisanya sebesar 31,5 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.Hasil pengujian secara parsial (uji t) diperoleh bahwa periklanan memliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabelyaitu 2,849 >2,045. Personal selling secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabelyaitu 4,219>2,045.Sedangkan, secara simultan (uji F) antara periklanan dan personal selling terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 31,530 > 3,33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Nurul Izzah, M.Si
Keywords: Minat Nasabah; Bauran Promosi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:14
Last Modified: 29 Sep 2020 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item