Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh tangibles terhadap kepuasan nasabah pada BMT Insani Padangsidimpuan

Sagala, Evi Rezkita Dewi (2017) Pengaruh tangibles terhadap kepuasan nasabah pada BMT Insani Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh tangibles terhadap kepuasan nasabah pada BMT Insani Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatarbelakangi ketidak nyamanan nasabah saat berada di ruangan BMT Insani Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh tangibles terhadap kepuasan nasabah pada BMT Insani Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tangibles terhadap kepuasan nasabah pada BMT Insani Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan dan pemasaran bank. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas jasa (khususnya tangibles), kepuasan nasabah, dan Baitul Mâl Wat Tamwil (BMT). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 98 responden yang diambil dari seluruh jumlah populasi. Selanjutnya untuk melihat pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linear sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, uji linearitas, koefisien determinasi (R2 ), dan uji t. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keterkaitan yang cukup besar antara tangibles (X) terhadap kepuasan nasabah (Y). Hal ini terbukti dari nilai r sebesar 0,679. Dari perhitungan koefisien determinasi (r2 ) diperoleh 0,461 atau 46,1%, yang menjelaskan bahwa variabel tangibles (X) memberikan pengaruh sebesar 46,1% terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemudian dari persamaan regresi diperoleh Y = 16,452 + 0,626X. Artinya setiap peningkatan variabel tangibles (X) sebesar 100% akan berakibat meningkatnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 62,6%. Sebaliknya setiap pengurangan variabel tangibles (X) sebesar 100% akan berakibat berkurangnya nilai variabel kepuasan nasabah (Y) sebesar 62,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Nofinawati
Keywords: Tangibles; kepuasan nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:52
Last Modified: 29 Sep 2020 04:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item