Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT pemasaran terhadap tabungan iB Muamalat Sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan

Wardiah, Rizki Jahra (2016) Analisis SWOT pemasaran terhadap tabungan iB Muamalat Sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah Tabungan iB Muamalat Sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dan terjadi kenaikan jumlah nasabah pada tahun 2014 dan 2015. Namun pada tahun 2016 jumlah nasabah dan kas bank mengalami penurunan semenjak mobil kas keliling tidak digunakan lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan iB Muamalat Sahabat, bagaimana analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk Tabungan iB Muamalat Sahabat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan.. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Thtreats), strategi pemasaran, dan teori tentang produk Tabungan iB Muamalat Sahabat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah Yang menjadi subjek penelitian ini adalah Business Development Manager Funding, Customer Service, dan Service Assistant. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dalam strategi pemasaran menggunakan segmentasi, posisioning, dan targeting untuk menganalisis agar lebih terarah. Untuk pengembangan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) dan melakukan penjualan dengan personal selling (penjualan pribadi). Berdasarkan IE matriks, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan diperoleh beberapa formulasi alternative strategi dalam pemasaran produk Tabungan iB Muamalat Sahabat yaitu strategi SO : Mempertahankan kualitas produk, meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan respon yang cepat kepada nasabah, menjalin hubungan yang lebih baik pada setiap sekolah. Strategi ST: Menerapkan pemasaran jemput bola, mempertahankan ciri khas produk dan menambah program-program berhadiah, mengembangkan variasi produk agar lebih menarik minat nasabah. Strategi WO: Meningkatkan fasilitas-fasilitas yang berbasis tekhnologi, sehingga dapat memudahkan akses bagi nasabah, meningkatkan SDM pemasaran khususnya buat produk pendanaan, meningkatkan promosi yang lebih gencar di setiap media untuk meningkatkan pangsa pasar. Strategi WT: Menetapkan strategi bisnis yang baru dan lebih efektif dan efesien, memaksimumkan ragam pilihan produk dengan meningkatkan promosi melalui media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis SWOT; strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2020 05:09
Last Modified: 15 Apr 2020 05:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item