Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih Ar-Rahn pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok

Harahap, Melda Yanti (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih Ar-Rahn pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan jumlah nasabah dilihat dari data perkembangan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syaraiah Sipirok tidak signifikan setiap tahunnya. Dimana pada tahun 2013-2014 mengalami kenaikan jumlah nasabah sebesar 15,87% sedangkan 2014-2015 hanya sebesar 0,13%. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Promosi, Pribadi, dan Sosial. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh promosi, pribadi, dan sosial terhadap keputusan nasabah memilih ar-rahn pada PT. Pegadaian Syariah Sipirok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi, pribadi, dan sosial terhadap keputusan nasabah memilih ar-rahn secara parsial dan secara simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tentang pemasaran dalam hal proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk, faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan skunder. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, instrument pengumpulan data menggunakan angket. Dengan sampel 60 responden. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Promosi (X1) mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih Ar-rahn, terlihat dari t hitung> t tabel yaitu sebesar 4,338> 1,672. Variabel Pribadi (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan nasabah, terlihat dari t hitung> t tabel yaitu sebesar 1,954 >1,672. Dan variabel Sosial (X3) berpengaruh positif terhadapkeputusan nasabah, terlihat dari t hitung> dari t tabel yaitu sebesar 7,544 > 1,672. Sedangkan secara simultan, variabel Promosi, pribadi, dan sosial, secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih Ar-rahn pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syraiah Sipirok. Pada keputusan nasabah , terlihat dari F hitung > F tabel yaitu sebesar 135,904 > 2,77. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,879 yang berarti variabel keputusan nasabahpada promosi, pribadi dan sosial, sebesar 87,9 % dan sisanya sebesar 12,1 % dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keputusan dalam memilih produk; produk Ar-Rahn
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2020 04:22
Last Modified: 15 Apr 2020 06:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item