Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat desa Sianggunan Kecamatan Batang Toru terhadap Bank Syariah

Rambe, Ira Vinola (2016) Persepsi masyarakat desa Sianggunan Kecamatan Batang Toru terhadap Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Desa Sianggunan Kecamatan Batang Toru memiliki mayoritas masyarakat beragama Islam. Tetapi sebagian besar masyarakat menganggap bahwa bertransaksi di bank syariah dan bank konvensional itu sama saja. Terlihat dari pengalaman masyarakat dalam menggunakan jasa perbankan tidak di dukung dengan alasan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Sianggunan Kecamatan Batang Toru terhadap bank syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai persepsi yang mempengaruhi faktor-faktor masyarakat terhadap bank syariah yang mendukung dalam memperoleh hasil penelitian. Teori ini dapat menjadi dasar atau acuan dalam melakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara terhadap 19 orang subjek penelitian yang dipilih atas kriteria sesuai dengan teori dalam penelitian ini yaitu latar belakang pengetahuan, pendidikan, usia, agama dan pekerjaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Persepsi masyarakat Desa Sianggunan kecamatan Batang Toru jika dilihat dari beberapa aspek berikut memiliki hasil yaitu berdasarkan ketentuan hukum bank syariah diperoleh hasil 8 orang dari jumlah informan menyatakan bahwa bank syariah sesuai dengan hukum Islam, 4 orang dari jumlah informan menyatakan bahwa bank syariah sama dengan bank konvensional dan kurang sesuai dengan hukum Islam dan 3 orang dari jumlah informan yang menyatakan tidak mengetahui kedua persepsi.Berdasarkan pelayanan bank syariah terlihat bahwa bahwa 11 orang dari jumlah informan menyatakan bahwa pelayanan bank syariah memuaskan dan 4 orang dari jumlah informan menyatakan bahwa pelayanan bank syariah kurang memuaskan. Berdasarkan perbedaan prinsip antara bank syariah dan bank konvensional bahwa 13 orang dari jumlah informan menyatakan lebih memilih bank syariah dan 2 orang dari jumlah informan menyatakan lebih memilih konvensional. Dan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan bank syariah dilihat bahwa 6 orang dari 15 informan menyatakan bahwa persyaratan yang di tetapkan oleh bank syariah sudah sesuai dengan hukum Islam sehingga tidak memberatkan bagi nasabah dan 9 orang dari jumlah informan belum memahami apakah persyaratan yang di ajukan bank syariah sudah sesuai dengan hukum Islam atau tidak. mengatakan ketertarikannya kepada bank konvensional dikarenakan promosi dari bank yang bersangkutan. Sedangkan 4 orang nasabah bank konvensional merasa bahwa pelayanan dan produk bank konvensional sudah cukup mampu memenuhi kebutuhannya. Hasil ini membuktikan bahwa latar belakang pengetahuan dan pendidikan, usia, agama dan pekerjaan mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Persepsi masyarakat; Bank Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2020 04:10
Last Modified: 15 Apr 2020 06:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item