Pane, Rahmadani (2013) Hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 330 0033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (920kB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih rendahnya prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Angkola Barat. Permasalahan utama yang dibahas di dalam skripsi ini adalah adakah hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Angkola Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat hubungan diantara dua variabel tersebut di atas dengan menentukan mean dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh terhadap populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Angkola Barat tahun 2012/2013 yang berjumlah 200 orang, cara pengambilan sampel digunakan random sampling, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang siswa. Teknik pengumpulan data dari lapangan menggunakan angket terhadap kemampuan komunikasi guru dan prestasi belajar siswa menggunakan rapor siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian di analisa dengan menggunakan rumus korelasi product moment, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t untuk melihat sejauh mana hubungan kedua variabel tersebut. Penjaringan data yang dilakukan dengan angket dan rapor siswa tersebut guna mendapatkan data mengenai hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar matematika siswa. Perhitungan terhadap kedua vaiabel diperoleh nilai ratarata variabel X (kemampuan komunikai guru) yaitu 60,7 dengan katagori “sedang”sedangkan variabel Y (prestasi belajar matemaika siswa) yaitu 63,03 dengan katagori “ lemah / rendah”. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa r୦୧୲୳୬ sebesar 0,820 kemudian t୦୧୲୳୬ sebesar 10,95 dan t୲ୟୠୣ୪ 2,003 ternyata t୦୧୲୳୬ > dari t୲ୟୠୣ୪, maka hipotesis diterima / disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kemampuan komunikasi guru dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Angkola Barat dengan katgori “ kuat”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Kemampuan komunikasi guru; Prestasi belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 01:51 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 01:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5245 |
Actions (login required)
View Item |