Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Studi perbandingan kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Suzana, Ima (2013) Studi perbandingan kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Program sertifikasi sebagai salah satu upaya peningkatan mutu, martabat, dan kesejahteraan guru. Dengan adanya sertifikasi, pemerintah berharap kinerja guru meningkat. Melalui program sertifikasi tersebut guru dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya. Begitu juga guru yang belum tersertifikasi berusaha meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk mencapai tujuan pendidikan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan?, apakah terdapat perbedaan kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan, dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan. Adapun salah satu kegunaan dari penelitian ini adalah: Salah satu komponen dalam persyaratan memperoleh gelar serjana Pendididikan Islam (S.Pd.I) pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan. Sebagai khazanah berfikir bagi guru-guru agar mengoftimalkan atau memaksimalkan kinerjanya sebagai pendidik dalam mengembangkan atau meningkatkan kecerdasan anak-anak, terlebih-lebih kepada guru yang telah tersertifikasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif lapangan dengan bentuk komperasi. Populasi penelitian ini adalah semua guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan yang berjumlah 39 guru, yang terdiri dari 13 guru yang tersertifikasi dan 26 guru yang belum tersertifikasi. Maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen pengumpulan data dengan angket. sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t-tes yang separated varians. Adapun hasil penelitian ini dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan, karena to (t-hitung) jauh lebih kecil daripada tt (t-tabel) yaitu (0,98< 3,055). Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru yang tersertifikasi dengan guru yang belum tersertifikasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati Hasibuan S.Ag., M.Pd dan Hj. Nahriyah Fata., S.Ag., M.Pd
Keywords: Kinerja Guru., Tersertifikasi dan Yang Belum Tersertifikasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 22 Sep 2020 03:43
Last Modified: 22 Sep 2020 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5178

Actions (login required)

View Item View Item