Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan learning cycle 5E terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok program linier siswa kelas X SMKN1 Angkola Timur

Syahroma, Desi (2014) Pengaruh penerapan learning cycle 5E terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok program linier siswa kelas X SMKN1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Mata pelajaran matematika sangat perlu diajarkan kepada siswa karena selalu digunakan dalam segi kehidupan, diperlukan dalam semua bidang studi, serta merupakan sarana komunikasi untuk menyajikan informasi. Pada penelitian ini, penulis menemukan kendala yang dihadapi siswa ketika mempelajari materi pokok program linier. Saat belajar materi tersebut, siswa kurang mampu mencari penyelesaian dari soal yang diberikan dan kurangnya kemampuan komunikasi matematika siswa. Sehingga penulis mencoba menerapkan Learning Cycle 5E untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok program linier siswa kelas X SMKN1 Angkola Timur. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok program linier. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Learning Cycle 5E pemahaman konsep, kemampuan komunikasi matematika, dan program linier. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain true experimental design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMKN 1 Angkola Timur yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 99 orang, dan untuk sampelnya diambil dengan teknik sampling purposive yaitu dengan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kemudian intrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes dan nontes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 6,139 > ttabel = 1,980 untuk pemahaman konsep sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematika diperoleh thitung = 3,5 > ttabel = 1,980 Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara penerapan Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok program linier siswa kelas X SMKN1 Angkola Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Replita, M.Si. dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Learning Cycle 5E; Komunikasi Matematika; Program Linier
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Sep 2020 02:54
Last Modified: 22 Sep 2020 02:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item