Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat

Sahmi, Sahmi (2013) Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apa saja jenis teknologi pendidikan di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat, bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat, apa saja kendala yang dihadapi oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis teknologi pendidikan di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat, mengetahui pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PAI di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat. Metode Penelitian yang digunakan pendidikan oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Jenis penelitian ini adalah penentuan kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan prosedur menggambarkan, mengungkapkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya dan selanjutnya dianalisis berdasarkan pemikiran deduksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis teknologi pendidikan yang ada di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat ada dua jenis. Pertama, dilihat dari karakteristiknya terdiri dari media grafis, media audio. Media grafis yang tersedia di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat adalah gambar/foto, peta dan globe, papan tulis. Media audio terdiri dari radio, laboratorium bahasa, teknologi pendidikan yang kompleks terdiri dari komputer 15 unit, laptop 2 unit dan infocus 2 buah. Kemampuan guru PAI SMA Negeri 1 Gunung Tuleh Pasaman Barat dalam memanfaatkan teknologi pendidikan dapat dikatakan kurang. Kendala yang dihadapi guru yaitu kendala secara umum yaitu kurangnya pengetahuan tentang jenis-jenis teknologi yang bisa digunakan dalam mata pelajaran, kurang tersedianya teknologi yang mendukung mata pelajaran tersebut, pendalaman yang tidak mampu menyiapkan teknologi pendidikan yang bersifat elektronik seperti OHP, infokus. Sedangkan kendala secara khusus yaitu tersedianya sumber setempat, faktor yang menyangkut keluwesan, kepaktisan dan ketahanan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Drs. Samsuddin, M.Ag
Keywords: Teknologi Pendidikan; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:07
Last Modified: 22 Sep 2020 04:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item