Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan karakter oleh guru di SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan : studi tentang pilar kedisiplinan

Siregar, Maksima (2012) Implementasi pendidikan karakter oleh guru di SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan : studi tentang pilar kedisiplinan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Ada pun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi kedisiplinan di SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan dan bagaimana model pelaksanaan pendidikan karakter (pilar kedisiplinan) di SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peneliti melihat adanya keunikan di sekolah SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan yaitu dilaksanakannya pendidikan karakter (pilar kedisiplinan) di sekolah tersebut dan siswa-siswinya sangat disiplin, yang sangat menarik bagi peneliti adalah apa model pelaksanaan pendidikan karakter (pilar kedisiplinan) yang dilakukan di SD IT Nurul Ilmi Padangdisimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana kondisi kedisiplinan di SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan dan bagaimana model/pola pelaksanaan pendidikan karakter (pilar kedisilinan) di SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kedisiplinan di SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan sangat bagus. Ini dapat dilihat dari kedisiplinan para siswa/siswi di SD IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan dan model/ pola pelaksanaannya. Dan model atau pola pendidikan karakter (pilar kedisiplinan) yang dilaksanakan di SD IT Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan adalah model pembiasaan, model keteladanan dan model Pembinaan akhlak dan mental. Sebenarnya pembinaan karakter siswa/i di SD IT Nurul ‘Ilmi sudah bagus sehingga pembinaan ini bisa dijadikan masukan dan contoh bagi sekolah-sekolah lain khususnya sekolah yang ada di Padangsidimpuan terutama jika dilihat dari prestasi siswa/siswi SD IT Nurul ‘Ilmi semakin membaik dalam bidang intelektual, Namun dalam bidang kepribadian sedikit menurun dan kalau yang dulunya aktif pertemuan guru dengan orang tua siswa/siswi setiap sekali seminggu, akan tetapi sekarang sudah mulai merosot, artinya tidak diprioritaskan lagi. Sementara hal ini sangat berpengaruh dalam pembinaan kepribadian/ karakter siswa. Adapun yang mendukung keberhasilan dalam membina kedisiplinan siswa tersebut adalah: a. Faktor kepala sekolah dan semua staff guru menanamkan kedisiplinan dan selalu mengingatkan anak-anak agar tetap disiplin kapan dan dimanapun berada. b. Faktor siswa yakni siswa yang berada di SD IT Nurul Ilmi walaupun tidak semua orang-orang terpilih namun mereka dapat beradaptasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Drs. Abdul Sattar Daulay, M.Ag
Keywords: Kedisiplinan., Model Pelaksanaan Pendidikan Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:44
Last Modified: 18 Sep 2020 07:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item