Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas strategi pembelajaran di MAN Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Junita (2012) Pengaruh sertifikasi guru terhadap peningkatan kualitas strategi pembelajaran di MAN Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sertifikasi guru berpengaruh terhadap peningkatan kualitas strategi pembelajaran di MAN Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang disertifikasi yang ada di MAN Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 17 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk pengukuran korelasi dua variabel. Kemudian instrument yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara statistic dengan menggunakan “r” Product moment oleh Pearson. Dari hasil analisis data kedua variabel yang diteliti diketahui bahwa sertifikasi guru yang dilakukan terhadap peningkatan kualitas strategi pembelajaran di MAN Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal tergolong sedang, yaitu ditemukan 82,35 % sebanyak 14 orang, yang apabila diinterprestasikan berarti sedang. Peningkatan kualitas strategi pembelajaran di MAN simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal tergolong sedang, yaitu ditemukan skor 76,47 % sebanyak 13 orang, yang apabila diinterpretasikan berarti sedang. Sertifikasi guru memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas strategi pembelajaran di MAN Simpanggambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, yaitu ditemukan angka korelasi (r xy ) sebesar 0,558. Angka ini lebih besar dari r tabel (r t ), yaitu 0,482, yang berarti pengaruh variabel X terhadap variabel Y signifikan berarti ada pengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sertifikasi Guru., Strategi Pembelajaran
Keywords: Sertifikasi Guru., Strategi Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:00
Last Modified: 17 Sep 2020 07:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item