Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan mobile banking Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan

Arfina, Arfina (2018) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan mobile banking Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak positif terhadap perkembangan bisnis perbankan. Bank memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi dengan menggunakan Mobile Banking. Namun masih banyak nasabah yang belum menggunakan Mobile Banking dan lebih memilih bertransaksi secara manual ke bank. Padahal seharusnya dengan menggunakan Mobile Banking nasabah tidak perlu bersusah payah datang ke bank untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan Mobile Banking pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh faktor kemudahan penggunaan, kepercayaan, pengetahuan terhadap keputusan nasabah menggunakan Mobile Banking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kemudahan penggunaan, kepercayaan dan pengetahuan terhadap keputusan nasabah menggunakan Mobile Banking. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan salah satu model yang dibangun untuk menganalisis dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan teknologi komputer. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah sampel 91 nasabah, teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling. Analisis data menggunakan SPSS Versi 23.00. Hasil analisis koefisien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai R = 0,812 artinya kolerasi antara variabel kemudahan penggunaan, kepercayaan, pengetahuan terhadap keputusan nasabah menggunakan Mobile Banking terjadi hubungan yang sangat kuat. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,648 atau 64,8% menunjukkan variabel kemudahan penggunaan, kepercayaan, pengetahuan mempengaruhi keputusan meggunakan Mobile Banking dan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yang dilakukan peneliti. Berdasarkan hasil uji secara parsial variabel kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Mobile Banking dengan nilai thitung > ttabel (2,282 > 1,662). Variabel kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Mobile Banking dengan nilai thitung > ttabel (4,653 > 1,662). Variabel pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Mobile Banking dengan nilai thitung > ttabel (4,057 > 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan variabel kemudahan penggunaan, kepercayaan dan pengetahuan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Mobile Banking dengan nilai Fhitung > Ftabel (56,238 > 2,71)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemudahan penggunaan; Kepercayaan; Pengetahuan Keputusan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 15 Apr 2020 06:49
Last Modified: 17 Apr 2020 14:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item