Sumanti, Pipi (2014) Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap minat belajar matematika di MAN Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 330 0024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa MAN Sipirok dalam mengembangkan kecerdasaan emosional di saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan minat belajar siswa tidak berkembang dengan baik. Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan pendidikan karena kecerdasan emosional yang bersifat positif dapat membantu siswa dalam meningkatkan semangat dan minat belajarnya. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat belajar matematika di MAN Sipirok. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket model skala likert, dengan jumlah sampel 36 siswa yang diambil dari populasi 142 siswa. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel digunakan rumus productmomentdan untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel Xkepada variabel Ydigunakan rumus determinasi dan persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya dilihat denganmenggunakanujiF. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kecerdasan emosional siswa mempuyai hubungan dengan minat belajar matematika siswa di MAN Sipirok, yaitu ditemukan angka korelasi (rxy) sebesar 0.704 dimana nilai tersebut lebih besar dari rtabel = 0.339 dengan hubungan antara kedua variabel “kuat”. Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung= 5.78 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 1.692 untuk interval kepercayaan 5% dengan dk = n – 2 = 34. Dengan pengaruh yang diperoleh dari koefisien penentu yaitu sebesar 49% dan sisanya 51% ditentukan oleh variabel lain. Kemudian melalui uji signifikansi analisis regresi tersebut diperoleh bahwa yaitu Fhitung>Ftabel 27.42> 4.13 dengan persamaan regresi Ŷ = 31.4 + 0.5X. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa ada pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional siswa terhadap minat belajar matematika di MAN Sipirok dapatdibuktikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., MA |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Minat Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 03:16 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 03:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4934 |
Actions (login required)
View Item |