Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi nasabah terhadap Pegadaian Syariah pada unit Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan

Nasution, Mellina Efendi (2014) Persepsi nasabah terhadap Pegadaian Syariah pada unit Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0060.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dengan jelas bagaimana Persepsi Nasabah terhadap Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi nasabah terhadap pegadaian syariah tersebut. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu untuk melihat sejauh mana promosi yang dilakukan pihak pegadaian dalam mempromosikan produk-produk yang disediakan oleh pihak Pegadaian Syariah Sadabuan Padangsidimpuan Populasi penelitian ini adalah 200 nasabah yang telah melakukan gadai pada Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan cara random sampling atau sampel acak sederhana. Dengan membatasi jumlah populasi 10%, jadi sampel dari penelitian ini berjumlah 20 nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian, yaitu nasabah pegadaian syariah dan data sekunder yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi dan dari pihak lain, yaitu dari informasiinformasi dari pihak pegadaian dan buku-buku yang relevan. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data adalah dengan bentuk wawancara yang diberikan kepada nasabah dan juga observasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti melihat bahwa pengetahuan nasabah terhadap produk yang ditawarkan oleh pihak pegadaian masih sangat kurang. Dapat dilihat dari nasabah yang mengenal pegadaian syariah dari plakatnya sekitar 45% sedangkan yang mengenal pegadaian syariah dari teman dan masyarakat sekitar 55% dan tidak seorang pun yang mengenal pegadaian syariah dari promosi yang dilakukan oleh pihak pegadaian. Dilihat dari pelayanan yang dilakukan oleh pihak pegadaian syariah 95% nasabah mengatakan pelayanan yang dilakukan pihak pegadaian baik dan hanya 5% nasabah yang mengatakan bahwa pelayanan pihak pegadaian syariah itu masih kurang baik. Untuk meningkatkan kualitas pegadaian syariah terhadap produk yang ditawarkan maka pihak pegadaian harus lebih aktif dalam mempromosikan produk yang mereka miliki, dan lebih mempromosikannya ke luar lapangan. Supaya masyarakat lebih mengetahui tentang produk-produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Ikhwanuddin Harahap, M.Ag
Keywords: Persepsi nasabah; Pegadaian Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:28
Last Modified: 11 Sep 2020 04:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4911

Actions (login required)

View Item View Item